Lelaki itu mengamati tembakau kering di ujung kakinya sembari mengasihani diri sendiri.

Life, maybe gloomy || Ficlet || PG – 17 || Photo © Michael Salisbury

Tungkai Angkasa berhenti tepat lima langkah sebelum tangannya mampu menggapai pintu kaca mini market—pun membuang puntung rokok secara terpaksa. Atensinya dicuri oleh seorang gadis yang rambutnya digulung serampangan dengan bantuan jepit berwarna coklat gelap, pupil gadis itu tertuju pada ponsel di meja, sementara tangan kanannya menggocangkan kaleng Nescafe pelan. Sandra. Bukan gadis yang ia kenal dekat, tapi cukup sering ia jumpai lantaran satu mata kuliah mempertemukan mereka.

Destinasinya kini berubah menuju meja bundar di ujung kanan. Ketika jarak mereka sangat sempit, cahaya lampu neon dari toko 7-Eleven itu gagal menyentuh si gadis sebab ada tubuh jangkung yang menutupinya. Sandra mengangkat kepala.

“Ngapain?” tanya Angkasa setelah membuang asap ke arah samping—Sandra memang tidak terlalu peduli dengan asap rokok, tapi tetap saja Angkasa punya sopan santun untuk tidak mengarahkannya pada si gadis.

Pupil coklat gelap itu menilik pria di hadapannya dari ujung kaki sampai ujung kepala. Geming sampai memorinya menemukan siapa lelaki di depannya. Akan tetapi, bukan berarti ia berniat beramah-tamah. “Ngapain? Duduk.”

Lelaki itu tertawa sebentar—otomatis menghentikan kegiatan merokoknya—hanya untuk mendapatkan delikan tajam dari gadis yang sungguh sudah kehilangan tenang. “Tau gak? Cewek gak baik sendirian malam-malam.” Kalimatnya mendapat pandangan yang malah makin nyalang.

“Lah, loe juga tau ngerokok berlebihan gak baik, tapi masih aja beli rokok terus. Kenapa?”

Sarat sindiran. Tapi bukan itu yang Angkasa lihat dari Sandra. Ia bisa merasakan sesuatu yang gadis itu sembunyikan, sesuatu yang direnggut akibat kehadirannya; mungkin kesendirian, damai yang coba ia cari jam satu malam di tongkrongan paling mudah dijangkau? Jadi Angkasa tidak mencoba sembunyi karena iris tersebut punya perasaan lelah yang sama dengan miliknya.

“Karena hal menyenangkan yang bisa dijadikan pelarian memang buruk—atau setidaknya terkesan buruk. Namun, setidaknya tidak lebih buruk dari apa yang aku hindari.”

Penjabaran itu rancu, tidak mengandung makna pasti yang bisa diurai dengan mudah. Intinya ditutup-tutupi dan hanya orang-orang yang mungkin merasakannya akan mengerti dengan mudah. Maka ketika bibir Sandra berjungkit sebelah, Angkasa tahu bahwa gadis itu juga sedang berapa dalam pelariannya. “Loe lari dari apa, San?”

Lensa yang tadinya tajam, kini mengalihkan pandang pada deretan makanan yang sering ia santap—makanan yang hanya perlu dimasukkan ke oven milik 7-Eleven—mau berucap, namun tidak tertarik menunjukkan ekspresinya secara gamblang. “Rumah.”

“Huh?” Angkasa mengobservasi pipi tirus tanpa riasan tersebut, melihat raut yang sekarang terkesan sedih.

Malam itu Angkasa berhasil menghilangkan ekspresi jutek Sandra dari wajahnya pun Sandra sukses membuat Angkasa membuang puntung rokoknya yang masih setengah ke tanah dan menggilas benda tersebut hingga remuk bentuknya. Lelaki itu mengamati tembakau kering di ujung kakinya sembari tersenyum asimetris—kurang lebih sama dengan si gadis—mengasihani dirinya sendiri. Ia berujar, “Ternyata kita tidak jauh berbeda.”

Nama mereka Sandra dan Angkasa. Mereka lebih baik di luar sini, merokok atau mungkin menjejali perut yang belum sempat diisi daripada di rumah kaya makian yang dilempar sana-sini. Tidak ada rumah yang bisa disukai jika isinya adalah keributan-keributan tidak menyenangkan dari para penghuninya. Mungkin kalimatnya memang bukan untuk mereka, tapi sepasang telinga tetap bisa mendengar, dan jiwa tetap bisa terpengaruh hingga rusak.

Note:

  1. Tipe lain dari seri namanya, cerita singkat orang-orang.
  2. Terus terus terus… mau ngajakin orang-orang buat bikin seri ini asik gak ya? Hahaha. Buat kayak yang perumpamaan, ini, atau deksripsi orang, abis itu lingkback/mention LOL. Tapi ntar deh, mau uts 😢 (dan aku suka wacana)
  3. IYA AKU SENEN UTS. OMG. BELOM BIKIN CHEATSHEET BUAT DINILAI. KALKULUS. FISIKA. HUFT.
  4. Okay, ini genrenya apa? Cukup suram buat dimasukin gloomy? …
  5. Niatnya drabble jadi sepanjang ini 😂
  6. Anyway, thanks to Kakbec yang udah ngasih nama OC cowok.
  7. Yang udah ujian semoga nilainya bagus, yang mau ujian semoga lancar ya. Amin :”)
Advertisements

23 thoughts on “Sandra dan Angkasa

  1. Aaaaak Taaaar!! Ini kenapa ficnya tentang pelarian sih Tar kam owe jadi baper:”) lagi butuh pelarian gara2 uts ga kelar2 😂
    Cukup gloomy kok Taar. Kerasa banget ceritanya:”))

    Eh eh nama cowoknya kok ganteng sih Taar:”))

    Baidewai, ini daku yang emang udah lama gabuka wp atau gimana kok kayaknya jarang baca tulisan kamu😂😂

    Yodah lah sekian aja komen nggak bermutu dariku Tar:’))

    • Utsmu sebentar lagi kan :” aku mau mulai besok. Terus belom apal aturan-aturannya matematikanya :”)

      Nama cowoknya bisa ditanyakan ke Kakbec, soalnya nanya dia karena aku mentok LOL. Emang aku ngepost seminggu sekali sih, gak sering banget hahaha.

      Makasih tir ♥

      • Uts udah dua minggu belum kelar dan besok masih uts lagi:’))) eeh sekarang malah jalan2 di grand city ini Tiara ganiat kelas 12😂😂 Daku rekues nama cowok Lautan dong mbakTar XD tampan wkwkwk
        Soalnya dulu kok rasanya sering atau emang daku aja yang sekarang jarang buka wp wkwk
        Yuhuu samasamaa❤

        • Kamu belajar apa aja deh 2 minggu gak kelar? … YAELAH TIR. KE CIPUTRA WORLD AJA SEKALIAN. HAHAHA.

          Laut apa Lautan? Coba minta ke kakbec, sepertinya dia lagi cinta sama yang namanya macem begituan (?).

          Dulu emang sering, sekarang—bahkan—udah berusaha ngurangin instensitas main wp :” hahaha.

          • Sekolah pake acara ganti2 jadwal dadakan segala lelah owe-_,-
            NIATNYA TADI MAU KE GALAXY TAR ATAU TUNJUNGAN BIAR BISA MAEM SOUR SALLY.
            Lautan. Samudra juga boleh. Pinginnya Hutan. Tapi takutnya ntar visualisasinya malah jadi cowok kribo xD
            Kupun begitu:’ apalagi makin deket uprak sama unas :”) wkwk

          • Waks, cekik saja kepala sekolahmu kalau begitu (!?!?).

            Emang di grand city gak ada sour sally ya? Yaudah makan jco aja, beda tipis kan (jauh sih padahal) LOL.

            HAHAHA. Bener banget, kamu ngomong hutan langsung kebayang temenku yang kriting agak gondrong. Sesungguhnya tir… Samudra udah numpang lewat di dua cerita xD

            Unas masih lama :” cuman semangat aja ya menjalani tahun terpasang surut (?) di sma! ♥♥

  2. pertama, selamat uts ya sher heheh, semoga sukses yaa x)

    terus ceritanyaaaaa…. ini cukup dimasukin gloomy kok. udah redup redup gitu suasananya dari awal, udah yg bagian si angkasa ngeliatin sandra lagi forever alone gitu di meja sambil minum kopi. aku suka deh ama cerita yg mana bawa bawa cerita masing masing terus tokohnya tuh kaya sama sama cerita gitu. aduh fika ngomong apasih xD pokoknya intinya gitu deh ah hahaha. btw iyaa 7-eleven mah tongkrongan paling gampang diakses malem malem selain tukang roti bakar xD keep writing yaaa sher! aku bingung mau ngomen apalagi ini bagus bangeeeet huhu x’)

    • Amin, makasih kak :”

      Waks, mba Sandra emang jomblo nih kak belom dapet pendamping hidup (?). Sering berniat nulis gitu kak, cuman yang jadi cuman dikit LOL.

      BANGET KAK BANGET. Ya walaupun kalo dari rumah jauh, jadinya ke mcd aja. Tapi kalo abis ngampus sih mungkin ke sevel hahaha. Rotbak, kadang-kadang kalo ada yang ngajak (?)

      Keep writing juga kak! Makasih sekali lagi ♥

  3. HAH. ((Bingung mau ngawalin komen gimana)). By the way, waktu aku baca ini aku keinget satu quote: “smoking is bad, but the reason I smoke is worse” somehow ngepas sih buat angkasa.

    Ini gloomy juga bisa, slice of life juga bisa wkwkwkwkw. Btw, sevel emang biasa jadi pelarian ((tapi kalo kasusku kalo gaada makanan LOL)) terus biasanya ambil heavenly yoghurt… Duh… Jadi aus… (skip)

    Jadi si Sandra sama Angkasa ini dia anak broken home gitu? Entah aku-nya gimana atau apa, karakternya Sandra ngingetin aku sama Hera WKWKWKWKW. Terus si Angkasa… Well, kalo di kehidupan asli aku agak nggak suka sama cowo ngerokok ((gasuka bgt malah)) tapi khusus kalo di fiksi… I find it attractive HO HO HO😂😂😂😂😂😂😂 terus namanya WKWKW kalo gini caranya besok aku mau bikin karakter namanya mesosfer, troposfer, kalsit (?!), kuarsa(?!?!)😥 AAAAND SELAMAT UTS KAK SHER HAHAHAHAHA AKU HAMDALAH UDAH SELESAI UTS WKWKWKWKWKWKWKWKWK🙌🙌🙌🙌🙌🙌🙌🙌🙌😎😎😎😎😎😎

    • KENAPA AKU GAK KEPIKIRAN QUOTE ITU. PAS BANGET EMANG SAMA ANGKASA.

      Hampir semua cerita (asal gak drama) emang slice of life sih LOL. Aku sebenernya gak pernah nongkrong di sevel, jauh 😂 lebih deket ke mcd tapi isinya fast food semua huft. Tapi kalo ke sevel aku juga nyarinya yoghurt itu xD

      Gak tau? Intinya keluarganya suka berantem aja, masalahin apa, terserah readers ✌✌ HA. Karakter cewekku emang kalo gak bold pasti langsung menye-menye alay pffft. Cowok ngerokok di buku/film emang terkesan attractive gitu gak sih, tapi males pas di real life LOL. PLEASE. AKU UDAH GAK INGET MATERI ATMOSFER.

      KOK KAMU SEPERTINYA BAHAGIA AKU MENDERITA 😢😢😭😠😠😡

  4. SHER, AKU MAU IKUT SERI NAMANYA INI… jadi latah pgn bikin juga YUHUUW~
    /nah dateng2 heboh/

    Ini slice of life sekali lah, even aku gak ngerasain jd sandra sih, tapi temen2ku kbnyakan kaya angkasa.
    Dan buat cigarette matter nya sih, ya i feel you sandra.
    Aku jg ga suka cowo ngerokok, tapi temen2ku sialan semua, gak ada yg kaya angkasa… malah kalo ngerokok, sengaja tuh asep di sebul ke mukaku, kan kampret. Meski ttp aja temenan sm mereka kemana2, fix jd perokok pasif pun rela karena mereka temen yg asik.
    Somehow, anak2 broken itu asik diajak temenan, karena mereka lebih jujur dan apa adanya plus cuek di luar rumah. Bikoz mereka tak mampu melakukan itu semua di rumah, ya gak sih?
    Aku heran, kenapa persepsinya org selalu jelek2, pdhl mereka gak nakal, hati mereka baik, cuma kesepian aja..
    /sok tau banget/
    /rajam aja diri ini/
    /bhay kakbec bhay/
    Btw, kangan lupa bayar royalti untuk nama angkasa nya haha
    Ps.) bersyukur ngasih nama angkasa ke kamu, karena kalo di tanganku ceritanya pasti ancur… wkwkkw x))

    • TUNGGU KAK. TUNGGU POSTNYA (Gak nunggu juga selow sih LOL).

      Temenku yang ngerokok dikit sih (mungkin karena pada asma…), kalo ada juga pas ngerokok menjauh gitu. Kalo temen kayak temennya kakak… WAH ITU PERLU DICEKIK KAYAKNYA HAHAHA.

      Enaknya sih mereka lebih gak pedulian gitu kayak santai santai aja. Tapi sebagian emang ada yang nakal (atau ada yang depresi :( ) Aku gak kebayang sih mereka di rumah kayak apa.

      HAHAHA. Royaltinya aku bayar pake cinta aja yang kak 💘💘💘 Tulisan kakbec lebih bagus padahal, suka berdusta gitu deh 💣💣💣

  5. Kak… yaampun jadi ini mereka semacam enggak betah gitu ya terkungkung di rumah? Dan merokok sm makanan itu tadi cuma buat pelarian? Ah astaga keren banget demiapa huhuw syedi ;;

    Fyi daku amat sangat membenci orang yang suka ngerokok. Kalau ada yg ngerokok di depanku biasanya langsung menghindar gitu, HAHA.

    Ini keren kak. Keep writing♥

    • HAHAHA, iya daripada di rumah gak dapet makan, mending makan di sevel kan, atau ngerokok (?).

      Wajar kok, apalagi sama yang gak tau diri gitu asepnya gak diarahin ke tempat lain atau ngerokok di tempat umum, ew.

      Makasih Vi :)

  6. Sher, i’m so glad to be here. you’re great writer. paling suka sama bahasa yang kamu gunakan. setting detail tempatnya jadi bisa kebayang beneran, singkat tapi jelas. Ah pokoknya suka. nunggu kamu nulis di Winner fanfiction lagi. ^_^

  7. Kak sher homina homina homina😱 Ah badai ini btw kok aku suka banget sama paragraf akhir ya kak wkwk sama pas bagian si Angkasa peka sama Sandra habis lari dari apa(?) nah itu aah nais lah kak aku mah mwoya :”) Pokoknya kakak keep writing yaw😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s